10/23/2009

Markus Horison, Kandidat Pemain Terbaik Asia 2009

Di tengah paceklik prestasi sepak bola Indonesia, muncul berita menggembirakan yang dilansir Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC. Dalam surat elektronik yang diterima Kompas, AFC memasukkan nama penjaga gawang PSMS Medan, Markus Horison Rihihina, sebagai salah satu kandidat Pemain Terbaik Asia 2009. Nama Markus, kiper berkepala plontos itu, menjadi satu-satunya pemain Indonesia dalam daftar 15 calon penerima anugerah pemain terbaik Asia.

Perjalanan Markus tidak mudah, karena ia harus bersaing dengan nama-nama besar dari Jepang, Arab Saudi, Iran, serta Uzbekistan. Dari Jepang, ada nama Yasuhito Endo, gelandang Gamba Osaka yang berjasa mengantar klub tersebut menjuarai Liga Champions Asia 2008. Juga ada Kengo Nakamura, pemain tengah Kawasaki Frontale sekaligus andalan lini tengah tim nasional Jepang.

Dari Iran ada nama Hadi Aghily, pemain klub Sepahan yang sempat dilirik beberapa klub Jerman. Sementara dari Arab Saudi muncul dua nama, yakni Mohammed Noor (Al Ittihad), dan Nassir Al Shamrani (Al Shabab). Dari Uzbekistan, negara pecahan Uni Soviet yang langsung tampil sebagai kekuatan baru sepak bola Asia, ada nama Alexander Geynrikh, pemain klub Pakhtakor.

Markus, yang layak berbangga karena menjadi satu-satunya pemain ASEAN dalam daftar kandidat itu, diuntungkan sikap AFC yang tidak akan menyertakan pemain Asia yang membela klub Eropa, sebagai calon. Tak heran, nama bintang kelas dunia asal Korea Selatan yang bermain di Inggris, seperti Park Ji-sung (Manchester United) dan Cho Wong-hee (Wigan Athletic), tak tercantum. Begitu pula dua pemain Jepang di Liga Eropa, yakni Shunsuke Nakamura (Espanyol, Spanyol), dan Makoto Hasebe (VfL Wolfsburg, Jerman).

Pada 2008 lalu, anugerah Pemain Terbaik Asia direbut pemain klub Bunyodkor, Uzbekistan, Server Djeparov. Peluang para kandidat yang membela tim nasional negaranya di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, serta kualifikasi dan final Piala Asia 2011 di Qatar, bakal makin besar, karena mereka akan menggaet poin signifikan menuju tahta pemain terbaik.

sumber





Share:

0 comments:

Posting Komentar




IndoBanner Exchanges

MY ID YAHOO MASSENGER

view

http://bacablog.com

About Me

Foto saya
Aku adalah anak manusia yang hanya numpang singgah di bumi ini. Kini aku sedang mengisi dan melakukan sesuatu untuk mengisi waktuku di dunia ini EMAIL & FS jOIN ON adaeuvoli@gmail.com

Pengikut

Personal Business Directory - BTS LocalDigNow.orgTopOfBlogs Personal My BlogCatalog BlogRank live google page rank
Personal Blogs - Blog Catalog Blog Directory
EasyHits4u Ranking Blogger Ngalam
Masukkan Code ini K1-2C333A-A
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com!-- Histats.com START --> Check Google Page Rank

ADAMAKNA

BLOGGER INDONESIA

ABSEN DISINI


ShoutMix chat widget
Bisnis Internet | Bisnis Online | Uang dari Internet |  Duit gratis | komisi 80%
Earn money from your website/blog by, selling text links, banner ads - Advertisers can, buy links, from your blog for SEO. Get paid through PayPal