3/07/2010

Banyak Mikir Bikin Gemuk?

Tahukah Anda, jika banyak berpikir akan membuat bobot tubuh cepat melambung. Sebuah penelitian di Universitas Laval di Quebec, Kanada, yang dipublikasikan dalam jurnal 'Psychosomatic Medicine' menunjukkan ketegangan berpikir akan memicu seseorang untuk melahap lebih banyak makanan.

Tim peneliti yang dipimpin Dr. Angelo Tremblay mengukur asupan makanan spontan yang diambil dari 14 peserta usai mengerjakan tugas. Aktivitas yang mereka lakukan bermacam-macam, diawali dengan bersantai pada posisi duduk, kemudian membaca dan meringkas teks, dan menyelesaikan serangkaian memori, perhatian, dan tes kewaspadaan di komputer. Dan, setelah 45 menit di setiap kegiatan, para peserta diminta untuk memakan makanan yang tersaji di prasmanan.

Para peneliti sebelumnya menemukan bahwa setiap sesi dari pekerjaan intelektual hanya membutuhkan tiga kalori lebih banyak daripada waktu istirahat.

Meski begitu, para siswa secara spontan mengonsumsi 203 lebih kalori setelah merangkum teks dan 253 lebih kalori setelah tes komputer. Masing-masing mengalami peningkatan sebesar 23,6 persen dan 29,4 persen dibandingkan dengan periode yang lain.

Contoh darah diambil sebelum, selama, dan sesudah tiap sesi menunjukkan, mengerjakan karya intelektual menyebabkan fluktuasi lebih besar glukosa dan insulin daripada waktu istirahat.

"Fluktuasi ini mungkin disebabkan oleh stres kerja intelektual, atau juga mencerminkan adaptasi biologis selama pembakaran glukosa." kata Penulis Studi Jean-Philippe Chaput.

Menurutnya, tubuh dapat bereaksi terhadap fluktuasi ini dengan memacu asupan makanan untuk mengembalikan keseimbangan glukosa, satu-satunya bahan bakar yang digunakan oleh otak. "Kelebihan kalori karena mengerjakan pekerjaan intelektual ditambah kurang aktif secara fisik dapat mengakibatkan obesitas," katanya menerangkan.

"Ini adalah faktor yang tidak boleh diabaikan, mengingat saat ini semakin banyak orang yang memilih pekerjaan di bidang intelektual."

sumber





Share:

2 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat mobil murah toyota

    sukses selalu

    BalasHapus
  2. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Yamaha Mio 2014

    BalasHapus




IndoBanner Exchanges

MY ID YAHOO MASSENGER

view

http://bacablog.com

About Me

Foto saya
Aku adalah anak manusia yang hanya numpang singgah di bumi ini. Kini aku sedang mengisi dan melakukan sesuatu untuk mengisi waktuku di dunia ini EMAIL & FS jOIN ON adaeuvoli@gmail.com

Pengikut

Personal Business Directory - BTS LocalDigNow.orgTopOfBlogs Personal My BlogCatalog BlogRank live google page rank
Personal Blogs - Blog Catalog Blog Directory
EasyHits4u Ranking Blogger Ngalam
Masukkan Code ini K1-2C333A-A
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com!-- Histats.com START --> Check Google Page Rank

ADAMAKNA

BLOGGER INDONESIA

ABSEN DISINI


ShoutMix chat widget
Bisnis Internet | Bisnis Online | Uang dari Internet |  Duit gratis | komisi 80%
Earn money from your website/blog by, selling text links, banner ads - Advertisers can, buy links, from your blog for SEO. Get paid through PayPal