6/02/2009

Selandia Baru, Negara Paling Damai Di Dunia

Perlambatan ekonomi global telah membuat dunia semakin tidak stabil tahun lalu. Imbas tingginya harga makanan dan bahan bakar pada awal 2008 dan semakin dalamnya resesi telah mengikis perdamaian.

Berdasarkan Indeks Perdamaian Global (GPI) 2009 yang dikompilasi Institute for Economics and Peace, sebuah unit dari majalah The Economist, disebutkan bahwa Selandia baru merupakan negara yang paling damai, di tengah resesi yang mengguncang, sementara Irak berada di posisi paling buncit.

Indeks tersebut mengungkapkan adanya interaksi kuat antara perdamaian, bisnis, dan ekonomi, khususnya dalam konteks perlambatan ekonomi global tahun lalu. Ditemukan bahwa melemahnya perekonomian telah meningkatkan instabilitas politik, berbagai demonstrasi, dan kejahatan di berbagai negara.

"Meningkatnya angka pengangguran secara cepat telah membekukan dan menjatuhkan nilai harga rumah, tabungan, dan dana pensiun. Hal tersebut menimbulkan kemarahan di banyak negara," sebut laporan yang dirilis di Washington hari ini, Selasa (2/6/2009).

Islandia, negara yang paling damai tahun lalu, turun ke posisi keempat setelah terjadinya protes dengan kekerasan akibat merosotnya ekonomi negeri itu.

"Ada korelasi yang sangat, sangat kuat antara perdamaian dan kesejahteraan," kata Steve Killelea, pendiri GPI kepada Reuters. "Perdamaian merupakan indikator terdepan pada kesejahteraan ekonomi."

Selandia Baru menggantikan Islandia pada urutan teratas dari 144 negara. 10 negara teratas antara lain merupakan negara-negara Skandinavia utama seperti Austria di urutan kelima. Sementara Jepang ketujuh, dan Kanada kedelapan.

Pada 2009, GPI ditentukan oleh 23 indikator kuantitatif dan kualitatif yang mengombinasikan faktor-faktor internal dan eksternal sebuah negara. Indikator yang dimaksud antara lain ekspor persenjataan, kejahatan dengan kekerasan, kematian di medan tempur, populasi penjara, tingkat organisasi kejahatan, potensi terorisme, stabilitas politik, dan unjuk rasa dengan kekerasan.

GPI menggunakan data dari sumber-sumber yang dihormati, termasuk dari Institute of Strategic Studies, Bank Dunia, sejumlah kantor PBB, dan lembaga-lembaga perdamaian.

Naiknya peringkat Selandia Baru ditopang oleh pemilu yang memunculkan pemerintahan koalisi dengan dukungan mayoritas di parlemen pada November 2008. Selain itu juga rendahnya angka pembunuhan dan belanja pertahanan.

Amerika Serikat naik enam peringkat ke nomor 83, terjepit antara Ukraina dan Kazakhstan, setelah peneliti memangkas risiko terjadinya serangan teroris di negara itu. Sementara China masih belum berubah dari tahun lalu di posisi 74, dan Rusia berada pada urutan terbawah di nomor 136

sumber





Share:

0 comments:

Posting Komentar




IndoBanner Exchanges

MY ID YAHOO MASSENGER

view

http://bacablog.com

About Me

Foto saya
Aku adalah anak manusia yang hanya numpang singgah di bumi ini. Kini aku sedang mengisi dan melakukan sesuatu untuk mengisi waktuku di dunia ini EMAIL & FS jOIN ON adaeuvoli@gmail.com

Pengikut

Personal Business Directory - BTS LocalDigNow.orgTopOfBlogs Personal My BlogCatalog BlogRank live google page rank
Personal Blogs - Blog Catalog Blog Directory
EasyHits4u Ranking Blogger Ngalam
Masukkan Code ini K1-2C333A-A
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com!-- Histats.com START --> Check Google Page Rank

ADAMAKNA

BLOGGER INDONESIA

ABSEN DISINI


ShoutMix chat widget
Bisnis Internet | Bisnis Online | Uang dari Internet |  Duit gratis | komisi 80%
Earn money from your website/blog by, selling text links, banner ads - Advertisers can, buy links, from your blog for SEO. Get paid through PayPal

Blog Archive