5/04/2009

Seberapa mengerikankah dampak dari flu Babi??

Dunia tidak pernah mengalami pandemik dalam 41 tahun, yang terakhir adalah ketika flu "Hongkong" menyebar ke seluruh dunia dan membunuh 1 juta orang. Jika flu babi mencapai level pandemik, apa yang akan terjadi??

Penyebaran flu burung dan penularan SARS pada tahun 2003 merupakan pandemik yang potensial. Tapi kedua penyakit itu menular dari "hewan ke manusia", keduanya tidak mampu menular dari "manusia ke manusia", kata Dr. K.Y. Yuen, kepala mikrobiologi di Hongkong University.

Flu burung dan SARS tidak menjadi pandemik karena mereka terlalu cekatan dalam membunuh manusia yang tertular.

"Agar menjadi pandemik, dibutuhkan untuk menjaga kontak antara manusia ke manusia tanpa membunuh manusia yang tertular".

Flu burung tidak pernah menjadi "penyakit dari manusia ke manusia", kata Dr. Lo Wing-Luk, ahli penyakit menular.

"Flu babi telah menjadi penyakit dari manusia ke manusia, yang membuat itu makin sulit untuk ditanggulangi, dan flu babi tampaknya lebih cepat menyebar dari pada SARS."

Tapi WHO tidak dapat memastikan apakah itu akan menjadi pandemik atau tidak. Menurut epidemikologis dan ahli kesehatan, ini yang akan dilihat oleh dunia jika flu babi berubah menjadi pandemik, berdasarkan pengalaman masa lalu:

Penyakit itu akan menyebar dari kota ke kota dalam periode 18 -24 bulan, menulari lebih dari sepertiga populasi. Petugas WHO percaya sebanyak 1,5 milyar orang di seluruh dunia akan mencari layanan kesehatan dan 30 juta orang akan masuk rumah sakit. Berdasarkan pandemik terakhir dan populasi dunia sekarang, sebanyak 7 juta orang akan mati.

"Rumah sakit akan kelebihan beban karena banyaknya pasien, bisnis-bisnis akan ditutup, bandara udara akan kosong," kata Dr. Lo.

"Bisnis akan menjadi sangat buruk, karena orang-orang menghindari kontak sosial sebanyak mungkin," tambah Dr. Yuen.

Fasilitas kesehatan akan dibanjiri oleh pasien dan akan ada kekurangan staf medis karena staf itu sendiri juga tertular penyakit. "Kami melihat kasus SARS dimana orang-orang yang seharusnya pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan kanker tidak dapat pergi, dan itu akan menambah jumlah kematian," kata Dr. Lo.

Orang yang sangat muda dan yang sangat tua adalah orang-orang yang sangat rentan terhadap penyakit ini. Para ahli memperingatkan, sangat banyak yang belum diketahui mengenai flu babi dan terlalu dini untuk mengatakan itu akan menjadi pandemik. Sekarang, fokus adalah pada menemukan jawaban dan membendung penyebarannya.

sumber



Share:

0 comments:

Posting Komentar




IndoBanner Exchanges

MY ID YAHOO MASSENGER

view

http://bacablog.com

About Me

Foto saya
Aku adalah anak manusia yang hanya numpang singgah di bumi ini. Kini aku sedang mengisi dan melakukan sesuatu untuk mengisi waktuku di dunia ini EMAIL & FS jOIN ON adaeuvoli@gmail.com

Pengikut

Personal Business Directory - BTS LocalDigNow.orgTopOfBlogs Personal My BlogCatalog BlogRank live google page rank
Personal Blogs - Blog Catalog Blog Directory
EasyHits4u Ranking Blogger Ngalam
Masukkan Code ini K1-2C333A-A
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com!-- Histats.com START --> Check Google Page Rank

ADAMAKNA

BLOGGER INDONESIA

ABSEN DISINI


ShoutMix chat widget
Bisnis Internet | Bisnis Online | Uang dari Internet |  Duit gratis | komisi 80%
Earn money from your website/blog by, selling text links, banner ads - Advertisers can, buy links, from your blog for SEO. Get paid through PayPal