11/28/2008

Road To Yogyakarta: part I

15 November 2008 adalah hari yang bersejarah bagiku.Untuk pertama kalinya dengan modal nekat aku melakukan perjalanan ke Yogyakarta tentu berangkat dari Malang. Dengan membawa perbekalan seadanya( tak lupa aku mengisi tangki bensin motorku Rp.15000) aku berangkat dari Malang pukul 06.00 Pagi dengan mengambil jalur selatan Malang,Blitar, Tulung Agung, Trenggalek, Ponorogo, Wonogiri,Klaten,Yogyakarta. Jalur selatan kupilih karena menurut Peta lebih dekat dari pada harus melewati Madiun-Ngawi-Sragen-Solo-Klaten-Yogya.
Di awal perjalanan, aku tiba di kota Tulung Agung setelah melewati 2 jam perjalanan. terus terang perjalananku lumayan ngebut.Di Tulung Agung ini ada razia polisi, mengecek SIM&STNK, Tentu aku dapat melewatinya karena aku membawa lengkap semuanya. Kemudian aku melanjutkan perjalananku sampai Trenggalek dan Ponorogo( Daerah yang asing bagiku, Jujur aku belum pernah ke kota ini) Di kedua daerah ini didominasi oleh deretan perbukitan seperti mengurung kota ini tapi pemandangannya keren banget...sip pokoknya...pukul 10.00 Aku berhenti buat makan siang dan istirahat di warung nasi pecel di Desa Sawo Kabupaten Ponorogo, tempatnya di sebelah pasar Sawo. Wew ternyata makan ditempat ini lumyan murah,enak dan mengenyangkan, Aku memesan Nasi Pecel+ Kare ayam dan segelas teh manis hangat biar badan tetap hangat.Setelah perutku cukup kenyang dan fit untuk melanjutkan perjalanan lagi, kemudian aku melanjutkan perjalanan lagi menuju kota Ponorogo.Perjalanan di kota ini lumayan berat karena aku melewati jalanan yang panas ditambah cuaca yang emang cerah banget. Kemudian aku belok kea rah kiri Ke arah desa Sumoroto menuju ke Wonogiri(JAWA TENGAH)>Dari perjalanan aku lihat ujung jalan ini dipenuhi oleh derretan perbukitan yang mengitari jalan yang aku lalui.Aku semakin cemas karena aku merasa seperti di planet lain apalagi jalanan semakin sepi dan sepertinya hujan sudah turun di depan. setelah melewati perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah yang kurasakan cuma satu antara rasa yang ga percaya, takut kalau ada apa-apa dijalan pokonya senang campur susah campur aduk menjadi satu.Tidak lama kemudian hujan mulai turun tidak terlalu deras namun cukup membuat pakaian basah. aku berhenti sejenak untuk memasang mantel agar tidak kebasahan.kemudian aku melanjutkan perjalanan ku sampai Purwantoro,
di daerah ini hujan sedikit reda namun perjalanan tidak semakin mudah malahan semakin sulit karen hujan yang turun membuat jalanan licin. kemudian aku mengisi lagi tangki bensin motorku yang mulai empty.Hingga aku sampai di Kota Wonogiri, disini kering, tidak ada hujan dan perjalanan kembali menyenangkan. Di Wonogiri aku melewati jalan ke arah Solo/Surakarta dan dikiri jalan aku lihat ada papan yang menerangkan klo ke Yogyakarta dapat melalui jalur altenatif yang berjarak 100 Km.

Di rute baru ini jalanan relatif sepi dan aku sempatkan buat beristirahat untuk melepas lelah,mendinginkan mesin motorku mengambil gambar perbukitan yang memanjang luar biasa indah dan menelepon ibuku.
Jam di Handphoneku menunjukkan pukul 12:00 setelah 20 menit aku beristirahat aku melanjutkan perjalananku kembali. Di jalan ini nuansanya sangat asri sekali aku dapat melihat areal persawahan yang tidak berujung dengan petani yang menggarap sawahnya. Lelah yang aku rasakan seperti sirna sejenak melihat anugerah ciptaan Tuhan yang luar biasa indah.Hal lain yang membuat bersemangat karena Yogya semakin dekat...Ujung jalan pedesaan ini rupanya menuju ke arah Kabupaten Klaten, Klaten merupakan Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Yogyakarta, tepatnya berada di sebelah utara Yogyakarta.Dari jalan pedesaan aku kembali ke jalur kota dengan jalan yang mulus dan tentu saja kendaraan yang ramai dan asap kendaraan gila2an(polusi).
Sebelum sampai kota Yogyakarta aku melewati Candi Prambanan, namun aku tidak masuk karena hujan gerimis yang datang lagi cukup menyulitkan perjalananku. dan AKHIRNYA AKU SAMPAI JUGA DI KOTA YOGYAKARTA..TEPAT PUKUL 13:35 WIB.

Tips dan hal2 yang harus diperhatikan bagi yang akan melakukan perjalanan ke Yogyakarta dari Kota Malang
1.Usahakan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan
2.Jangan lupa membawa mantel/jas hujan terutama saat musim penghujan, sarung tangan, masker dan helm yang nyaman.
3.Bawa tas plastik yang besar/kresek besar untuk membungkus tas rangsel yang dibawa jika hujan
4.Jangan lupa membawa sandal agar ketika hujan sebagai ganti dari sepatu
5.Di jalur daerah Trenggalek-Ponorogo jalurnya berkelok2 tajam, rawan longsor dan licin saat hujan.
6.Di jalur daerah Ponorogo-Wonogiri jalurnya juga berkelok2 tajam, rawan longsor dan licin saat hujan bedanya disini lebih banyak trek lurus yang curam dan bergelombang jadi harus extra hati2
7.Sempatkan berhenti dan beristirahat selain untuk membuat badan kita segar kembali dapat memperpanjang nafas kendaraan kita.
8.Selalu mengikuti papan penunjuk jalan, jika sempat bawa peta perjalanan, keliatannya ngrepotin tapi..sumpah...membantu banget..